10 Kota yang Perlu Anda Kunjungi di India
Categories:

10 Kota yang Perlu Anda Kunjungi di India

Avatar image of
Posted by Admin

Membentang dari Himalaya yang tertutup salju hingga perkebunan teh yang subur di Kerala, India adalah negara yang sangat luas dan sangat beragam. Kota-kotanya yang luar biasa menarik pengunjung dari jauh dan luas untuk merasakan budaya mereka yang semarak, masakan yang menggiurkan, dan situs bersejarah. Kesulitan memilih mana yang akan dimasukkan ke dalam rencana perjalanan Anda? Berikut adalah pilihan kami dari 10 kota teratas di India yang perlu Anda kunjungi.

1. Delhi

Ibu kota India adalah kota yang dibangun di atas kota. Setidaknya delapan kota bersejarah telah mendahului Delhi hari ini, masing-masing dibangun di atas atau di dekat reruntuhan yang sebelumnya. Hasilnya adalah kota metropolis modern yang dihiasi dengan monumen kuno yang menampilkan sejarah perkasa India.

Bagian kota tua yang sangat kacau dipenuhi dengan pasar yang ramai, kuil-kuil yang menakjubkan dan merupakan rumah bagi Masjid Jama yang indah, masjid terbesar dan paling mengesankan di India. di selatan, New Delhi mencakup pusat kota modern, lengkap dengan gedung-gedung pemerintah, jalan dengan deretan pepohonan, dan arsitektur kolonial.

Sebagai salah satu dari tiga titik Segitiga Emas India yang terkenal, Delhi merupakan tempat yang tepat untuk menjelajah. Habiskan beberapa hari menikmati pemandangan dan suara ibu kota kemudian menuju ke Taj Mahal atau Jaipur.

2. Jaipur

Juga dikenal sebagai “Pink City” berkat dinding dan bangunan bersejarah berwarna merah muda, Jaipur adalah pintu gerbang ke negara bagian Rajasthan yang penuh warna. Istana kuno dan benteng yang mengesankan adalah daya tarik dari kota ini, bertindak sebagai pengingat warisan kerajaan Jaipur yang menakjubkan.

City Palace yang megah memadukan arsitektur Rajasthani dan Mughal dalam kompleks halaman, bangunan, dan taman yang luas. Itu masih menjadi rumah bagi keluarga kerajaan hari ini, yang tinggal di Chandra Mahal yang anggun.

Tempat lain yang harus dikunjungi termasuk Benteng Amber yang ikonik, istana seperti sarang lebah Hawa Mahal dan observatorium Jantar Mantar. Sebagai bagian dari Segitiga Emas, perjalanan ke India tidak akan lengkap tanpa menghabiskan waktu di kota yang mengesankan ini.

3. Udaipur

Memiliki dua julukan, Udaipur dikenal sebagai Kota Danau dan Venesia dari Timur. Terletak di samping Danau Pichola yang tenang dan dikelilingi oleh Perbukitan Aravalli yang hijau, tempat ini juga menawarkan salah satu tempat paling romantis di India.

Lake Palace yang luar biasa tampak mengapung di atas perairan danau. Terkenal digunakan dalam film James Bond Octopussy, istana ini paling baik dilihat saat naik perahu malam hari, saat Anda dapat menyaksikan sunset di atas fasad marmernya.

Tempat populer lainnya untuk melihat sunset adalah Istana Monsoon, tempat keluarga kerajaan akan tinggal selama musim hujan. Bertengger tinggi di atas bukit di atas Udaipur, ia menawarkan pemandangan kota di bawahnya yang spektakuler. Pada siang hari Anda juga memiliki Istana Kota, museum, kuil, dan banyak lagi untuk dijelajahi.

4. Varanasi

Terletak di tepi Sungai Gangga, Varanasi adalah salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. Itu juga salah satu kota paling suci di India dan tempat suci bagi umat Hindu dan Jain.

Ibadah dapat disaksikan di tepi sungai, dengan orang-orang mengkremasi orang yang mereka cintai dan datang untuk menghapus dosa-dosa mereka di perairan Sungai Gangga. Ritual intim hidup dan mati terjadi di sini, sangat terbuka untuk umum, dan kunjungan bisa menjadi pengalaman yang intens dan kuat.

Susuri anak tangga tepi sungai yang dikenal sebagai ghats dan nikmati perjalanan perahu saat matahari terbit di sepanjang Sungai Gangga. Kota tua mirip labirin di Varanasi juga menampilkan warna dan kekacauan yang begitu terkenal di India.

5. Agra

Rumah bagi Taj Mahal yang legendaris, Agra menarik lebih dari 35.000 pengunjung setiap hari untuk mengagumi mausoleum putih marmer ini. Dan sementara monumen spektakuler ini sepadan dengan setiap hype, kunjungan ke Agra memiliki beberapa tempat wisata lainnya.

Agra pernah menjadi ibu kota Kerajaan Mughal yang berkembang dan sisa-sisa era ini termasuk Benteng Agra yang megah. Benteng batu pasir merah dan marmer yang menakjubkan ini adalah salah satu monumen pertama di India yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu contoh terbaik dari benteng Mughal.

Kota ini juga merupakan rumah bagi sejumlah makam dan mausoleum lainnya, serta pasar yang ramai. Jadi, setelah Anda selesai menjelajahi Taj, pastikan untuk memeriksa penawaran Agra lainnya.

6. Fatehpur Sikri

Salah satu kota kuno terbesar di India, Fatehpur Sikri pertama kali didirikan oleh Kaisar Akbar pada akhir abad ke-16. Kota ini adalah mahakarya Indo-Islam, namun hanya berfungsi sebagai ibu kota kerajaan Mughal selama 14 tahun sebelum ditinggalkan karena kekurangan air.

Untungnya, kota yang terdaftar di UNESCO ini telah dilestarikan dengan indah selama berabad-abad dan menawarkan karya arsitektur Mughal yang spektakuler. Akbar telah membangun tiga istana, satu untuk setiap istri favoritnya, dan Masjid Jama yang menakjubkan yang masih digunakan sampai sekarang.

Biasanya pemandangan pertama yang dilihat pengunjung adalah Buland Darwaza, yang berarti “gerbang megah”. Berdiri setinggi 54 meter, permata ini menetapkan pemandangan keajaiban arsitektur yang akan mengikutinya.

7. Kolkata

Bekas ibu kota British India, Kolkata adalah salah satu kota yang paling diremehkan di negara itu. Meskipun tidak menawarkan pemandangan Agra yang terkenal di dunia, tempat ini memiliki Victoria Memorial yang mengesankan dan merupakan kota tempat Anda dapat memperoleh wawasan menarik tentang kehidupan sehari-hari di India.

Secara lokal dianggap sebagai ibu kota seni, intelektual, dan budaya India, Kolkata adalah rumah bagi beberapa galeri, festival musik klasik India yang populer, dan panggung teater berbahasa Bengali yang berkembang pesat. Ini juga merupakan tempat untuk mencicipi cita rasa masakan Bengali yang lezat dan khas.

Jika Anda ingin mengunjungi Kolkata, Anda mungkin juga ingin mengatur waktu kunjungan Anda dengan Durga Puja. Sebagai festival kota terbesar, acara ini menampilkan patung rumit Dewi Durga diarak di jalan-jalan, dengan banyak musik dan tarian, sebelum dibenamkan ke dalam air.

8. Madurai

Salah satu kota tertua di Asia Selatan, Madurai adalah kota metropolis yang pernah berdagang dengan Roma kuno. Terletak di tepi Sungai Vaigai, ini telah menjadi pusat peribadahan dan perdagangan selama peradaban ada di India selatan.

Daya tarik Madurai adalah candi Meenakshi, sebuah bangunan mempesona yang dihiasi dengan tokoh-tokoh mitologi warna-warni. Ini adalah atraksi buatan manusia terbesar di selatan, menarik lebih dari 15.000 orang melalui gerbangnya setiap hari.

Kota ini juga merupakan rumah bagi salah satu dari tujuh Museum Peringatan Gandhi di India dan Istana Tirumalai Nayak. Untuk merasakan kehidupan lokal, jelajahi pasar grosir pisang Madurai, di mana 16 jenis buah dijual.

9. Amritsar

Terletak di barat laut India, Amritsar terkenal sebagai pusat suci agama Sikh. Kota ini didirikan pada tahun 1577 oleh guru Sikh keempat, Guru Ram Das, dan membanggakan Kuil Emas yang spektakuler.

Hebatnya lagi, candi ini melihat jumlah pengunjung Taj Mahal yang serupa. Ini berisi Adi Granth, kitab suci Sikhisme, dan dianggap sebagai salah satu situs agama yang paling dihormati dan sakral.

Baik pelancong maupun peziarah tertarik ke kuil untuk mengagumi eksterior emasnya yang tercermin di kolam di bawahnya. Sementara kuil itu sendiri mungkin merupakan pemandangan yang tenang untuk dilihat, gang-gang di Amritsar dipenuhi dengan pasar ramai yang layak untuk dijelajahi.

10. Jodhpur

Terletak di tepi Gurun Thar di Rajasthan, Jodhpur adalah kota indah yang berasal dari abad ke-15. Kota ini dikenal sebagai “Blue City” karena sebagian besar arsitekturnya berwarna biru, kontras dengan lingkungannya yang gersang.

Kota tua ini dikelilingi oleh tembok batu tebal sepanjang 10 kilometer dan menghadap ke Benteng Mehrangarh yang luas. Bertengger di atas tebing berbatu yang terjal, benteng yang mengesankan ini mendominasi cakrawala Jodhpur dan masih dikelola oleh keluarga kerajaan kota hingga saat ini.

Bangunan populer lainnya adalah menara jam di kota tua. Jelajahi gang-gang terdekat dan Anda akan menemukan rempah-rempah, kain, manisan India, kerajinan tangan, dan banyak lagi untuk dijual.